Senin, 15 Desember 2008

Kebudayaan Betawi



Beberapa minggu yang lalu saya pergi ke Setu Babakan, Srengseng Sawah, Selatan Jakarta. Situ/ danau tersebut lumayan besar, jalan masuk kesana adalah paving stone yang tertata rapi dengan kompleks rumah adat betawi. Kalo saya lihat sih emang sengaja dirawat dengan kondisi adat betawi. Masuk ke lokasi kita cukup bayar Rp. 2.000 untuk motor, gak tau ya kalo bawa mobil.

tapi sayang nggak ada kendaraan umum untuk masuk sampai pintu gerbang 'situ', kendaraan umum hanya sampai jalan masuk yang kira-kira masih 500 m lagi menuju ke danau. Padahal kalo hari Minggu lumayan rame..Di pendopo ada berbagai acara yang berbau adat Betawi. Mulai dari Lenong, Ondel-ondel bahkan semua makanan khas betawi ada di sana. Sebut saja Kerak Telor, Dodol Betawi, Kue Rangi, Ketoprak, Lontong Sayur, Bir Betawi (yang ini bukan mengandung alkohol lho...ni sirup buah) dll

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar